FIFA: Teknologi VAR masa depan sepakbola modern



Presiden FIFA, Gianni Infantino kembali memberikan pembelaan soal penggunaan teknologi VAR (Video Assistant Referee) yang terus menjadi kontroversi. Menurutnya, teknologi adalah masa depan sepakbola modern.

Sebagaimana diketahui, FIFA memang memperkenalkan teknologi VAR untuk membantu wasit dalam membuat keputusan. Penggunaannya diharapkan bisa meminimalisir kesalahan yang mungkin dilakukan oleh wasit dan hakim garis.

Teknologi VAR sendiri sudah beberapa kali diuji dalam sebuah pertandingan sepakbola. Yang paling terkenal adalah saat teknologi ini diuji di laga antara Prancis melawan Spanyol beberapa waktu lalu.

Kala itu, Wasit Felix Zwayer yang memimpin laga tersebut harus membuat keputusan yang membutuhkan pertimbangan dari teknologi tersebut. Zwayer membuat dua keputusan krusial saat dia menganulir gol Antoine Griezmann dan mengesahkan gol Gerard Deulofeu.

Dan baru-baru ini, pelatih Portugal, Fernando Santos juga mengeluhkan penggunaan VAR di Piala Konfederasi yang menurutnya membingungkan. Namun, Infantino menolak itu sebagai kontroversi, sebaliknya dia menilai VAR adalah masa depan sepakbola.

"Saya sangat bahagia dengan teknologi VAR sejauh ini. Kita telah melihat bagaimana video telah membantu wasit membuat keputusan-keputusan yang tepat. Memang inilah tujuan dari VAR," ujarnya dilansir Soccerway.

"Uji coba VAR selama Piala Konfederasi juga telah membantu kami untuk memperbaiki proses dan menyempurnakan komunikasi. Yang ditunggu-tunggu oleh fans selama bertahun-tahun akhirnya terjadi," imbuhnya.

"Ini merupakan turnamen yang akan menjadi tonggak sejarah sepakbola. VAR adalah masa depan sepakbola modern," tandasnya.(sw/dzi)


Sumber : https://www.merdeka.com/sepakbola/fifa-teknologi-var-masa-depan-sepakbola-modern.html
Share:

0 komentar:

Posting Komentar